Perbedaan Asuransi Kesehatan Prudential Syariah dan Umum

0 Comments
Perbedaan Asuransi Kesehatan Prudential Syariah dan Umum

Jika ditanya satu persatu orang mengenai benda apa yang paling berharga di dunia ini pastinya setiap orang mempunyai jawaban berbeda-beda. Ada yang mengatakan barang yang paling berharga adalah kesehatan. Jawaban tidak salah. Karena manusia tidak bisa merasakan hidup yang enak, menyenangkan dan nyaman jika kondisi fisik dan batin sedang tak sehat.

Bahkan bisa dibilang kesehatan lebih berharga dan lebih mahal ketimbang benda berharga itu sendiri seperti emas. Banyak orang yang rela menghabiskan seluruh kekayaan dan emasnya agar ia bisa sehat. Oleh karena itu, anda sebaiknya menjaga kesehatan badan (benda berharga yang tak kasat mata) itu secara baik dan benar setiap saat. Menjaga kesehatan itu lebih mudah ketimbang mengobati badan yang terlanjur sakit.

Suatu penyakit tidak bisa kita lihat secara kasat mata. Seperti virus corona. Hanya gejala-gejala yang dapat kita lihat. Di tengah interaksi hubungan sesama manusia yang tinggi membuat penyebaran dan penularan penyakit mudah tersebar. Dan sangat mungkin itu menyerang anda atau salah seorang anggota keluarga anda.

Manusia tidak bisa berkutik apa-apa ketika ia ditakdirkan sakit. Hanya berharap kepada Tuhan setelah melakukan ikhtiar dan penyembuhan. Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan manusia hanya bisa berusaha. Hasilnya tergantung Allah SWT. Orang baik atau orang jahat kemungkinan terserang sakit sama besarnya.

Bagi anda yang ingin mencegah kerugian lebih dalam akibat sakit maka anda bisa mengambil asuransi kesehatan Prudential. Untuk mendapatkan asuransi kesehatan prudential, seseorang dapat mendaftarkan diri terlebih dulu di agen prudential terdekat. Yang kemudian dilanjutkan membuat kesepakatan. Yang mana pihak nasabah sebagai tertanggung wajib membayar biaya premi per bulan. Sedangkan pihak perusahaan Prudential akan menanggung semua biaya pengobatan nasabah selama di rumah sakit jika ia menderita sakit.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Prudential Syariah dan Umum

Apa Itu Perusahaan Prudential

Perusahaan Prudential adalah sebuah company yang bergerak dalam bidang manajemen keuangan  dan asuransi. Salah satunya proteksi biaya kesehatan yang dinamakan asuransi kesehatan. PT Prudential Indonesia berdiri pada tahun 1995 dalam naungan PT Prudential Life Assurance yang berpusat di negara Inggris dan Amerika Serikat.

Adapun yang menjadi keutamaan dari perusahaan asuransi Prudential, antara lain:

1.Berpengalaman sudah lebih dari 160 tahun dalam bidang asuransi kesehatan

2.Jaringan rumah sakit yang banyak di Indonesia dan dunia

3.Kredibilitas baik sehingga lebih dipercaya masyarakat yang butuh asuransi

4.Jumlah nasabah sangat banyak. Yang bukan hanya terdapat di Indonesia sekitar 1,4 juta pengguna tapi juga di 12 negara di Asia

5.Tenaga pemasaran yang luas sampai berjumlah 143 ribu

Layanan Kesehatan Prudential

Dalam bidang kesehatan, Prudential menerbitkan kartu polis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhada semua biaya kesehatan nasabahnya di rumah sakit. Yang meliputi biaya rawat inap, biaya bedah,biaya ICU dan lainnya.

Untuk asuransi kesehatan terdapat berbagai jenis. Misalkan PRUPrime Healthcare Plus, PRUPrime Heathcare Syariah Plus, PRU Hospital, PRUEarly Stage Crisis Cover dan masih banyak macam yang lain. Asuransi PRU Hospital terdiri dari berbagai macam pelayanan Platinum, Gold dan Silver. Sedangkan PRU Early Stage Crisis Center memberikan perlindungan biaya dari 79 penyakit kronis.

Walaupun telah melayani masyarakat selama 160 tahun lebih, masih ada nasabah yang mengeluh tentang pelayanan yang diberikan. Seperti proses pengajuan klaim yang berbelit dan tak mudah cair. Lalu ada lagi nasabah yang merasa rugi ketika bergabung sebagai peserta asuransi kesehatan Prudential. Namun itu semua terjadi akibat kesalahpahaman.

Asuransi Kesehatan Prudential Syariah

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia, PT Prudential membuka divisi unit asuransi syariah. Sehingga pada asuransi ini segala transaksi yang dimulai dari proses pendaftaran, tatacara investasi, proses pembayaran premi, prosedur pengajuan klaim, sampai pencairan biaya santunan dijalankan sesuai kaidah dan norma agama Islam.

Di tengah niat baik perusahaan Prudential menerbitkan asuransi kesehatan sistem syariah tersembul beberapa tanggapan positif dan negatif. Ada sebagian masyarakat yang menganggap asuransi kesehatan prudential syariah masih berhukum haram. Dengan alasan tertentu. Namun lebih banyak orang yang pro terhadap asuransi ini yang menganggapnya halal dan berkah.

Untuk lebih jelasnya, kita berpatokan pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mewadahi umat Islam di Indonesia. Di dalam pelaksanaan asuransi kesehatan syariah prudential dilaksanakan mekanisme sesuai prinsip syariah. Dari mulai akad sampai pencairan dana klaim semuanya dijalankan atas dasar pedoman Islam. Sehingga kehalalannya jelas dibandingkan asuransi kesehatan umum. Untuk memastikan berjalan sesuai syar’i dibentuk Dewan Pengawas Syariah.  

Perbedaan Asuransi Kesehatan Prudential Syariah dan Umum

Jelas sangat berbeda antara asuransi kesehatan Prudential syariah dengan yang umumnya. Sebagaimana berbedanya antara unsur minyak dan air yang dimasukkan ke dalam botol. Keduanya akan saling memisahkan diri atau berpisah.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi letak perbedaan asuransi kesehatan prudential syariah dan umum, antara lain:

1.Niat

Dalam mengambil asuransi kesehatan syariah, seorang nasabah mempunyai niat untuk ibadah kepada Allah SWT dalam membantu sesama muslim. Premi yang dibayarkan sebagai infak atau sodaqah dalam membantu mereka yang terkena musibah sakit atau kecelakaan.

Berbeda dengan niat mengambil asuransi kesehatan prudential umum yang diniatkan untuk melindungi biaya kesehatan diri dan anggota keluarganya.

2.Akad

Akad yang dijalankan oleh asuransi kesehatan Prudential Syariah adalah saling tolong menolong dalam kebaikan atau tabarru’. Sedangkan dalam asuransi kesehatan Prudential konvensional adalah pelimpahan resiko dari nasabah ke pihak perusahaan asuransi Prudential. Jika terjadi resiko sakit maka biaya kesehatan menjadi tanggungjawab pihak perusahaan sebagai penjamin.

3.Sektor investasi

Pada asuransi Prudential terdapat unit link atau asuransi investasi. Setiap premi yang anda setorkan setiap bulan akan terbagi ke dalam dua porsi. Pertama, porsi untuk proteksi biaya kesehatan. Dan kedua, dialihkan untuk dana investasi. Pada asuransi kesehatan syariah, dana investasi disetorkan pada jenis usaha yang halal dan terbebas dari riba, minuman keras dan perjudian. Berbeda dengan asuransi investasi konvensional. Yang mana porsi dana premi untuk investasi terkadang disalurkan pada bidang usaha yang bertentangan dengan syariat.

4.Azas

Pada asuransi kesehatan syariah prudential memiliki azaz saling tolong menolong sesama komunitas yang beragama Islam. Tolong menolong dalam kebaikan dan memberikan pertolongan kepada orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan diakibatkan sakit atau mendapatkan kecelakaan. Sedangkan dalam asuransi kesehatan prudential tradisional hanya  bersifat jual beli resiko kesehatan.

5. Dewan Pengawas Syariah

Untuk asuransi syariah kesehatan prudential mempunyai dewan pengawas syariah yang disebut Dewan Syariah Nasional (DSN). Dewan ini bertugas untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja asuransi sudah sesuai syariah atau belum. Apabila terdapat penyimpangan seperti mengandung unsur riba atau perjudian maka pihak perusahaan asuransi dapat ditegur dan diluruskan kembali sesuai kaidah agama Islam. Hal ini bertolak belakang dengan asuransi kesehatan umum yang tak memiliki dewan pengawas syariah.

Kesimpulan dari uraian di atas sangat gamblang perbedaan asuransi kesehatan prudential syariah dan umum. Yang intinya, bahwa asuransi kesehatan prudential syariah mempunyai banyak keunggulan dan faedah yang besar bagi para nasabah dan orang di sekitarnya. Pilihan terserah ditangan anda. Mau asuransi kesehatan syariah prudential atau yang konvensional?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *