Negara Uruguay Dengan Komoditas Ekspor Impornya

Negara Uruguay Dengan Komoditas Ekpor Impornya

Tidak banyak yang tahu mengenai Uruguay merupakan salah satu negara yang ekonomi dan politiknya paling stabil. Walaupun begitu negara ini merupakan negara terkecil kedua di Amerika Selatan. Walau terkenal dengan kultur agamanya, namun Uruguay ini ternyata memiliki komoditas ekspor dan juga impor yang bisa dibilang sangat bagus bagi negara kecil yang berada di Amerika Selatan. Pasalnya Uruguay ini memang salah satu negara yang ekonomis dengan PDB perkapitanya yang tinggi serta kualitas tertinggi ke52 dalam Indeks kehidupan.  Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit membahas mengenai negara Uurguay dan juga mengenai ekspor impor yang dijalankan di negara tersebut.

Berikut ini hal-hal sepintas yang bisa kalian ketahui dari Uruguay mengenai negara dan juga ekspor impornya tersebut.

Sekilas Tampak Negara Uruguay

 Uruguay memang salah satu negara kecil yang terletak di wilayah Amerika Latin. Dimana berbatasan langsung dengan Brazil Utara, Sungai Uruguay di Barat, Muara Rio De La Plata Barat Daya, Argentina, serta berada di tepi seberang keduany hingga Samudera Atlantik Selatan di arah Tenggara. Riset menunjukan di tahun 2015 penduduknya itu sekitar 3.415,866 jiwa. Dimana negaranya sendiri hanya memiliki luas sekitar 176.000 km persegi. Inilah yang menjadikan Uruguay menjadi negara terkecil setelah Suriname yang berada di Amerika Selatan.

Total Komoditas Yang Dikirim Ke Seluruh Dunia

Pada tahun 2018 lalu, Uruguay mengirimkan barang dengan Nilai US$ 7,6 M keseluruh dunia. Jumlah tersebut mewakili pengurangan 16,6% sejak tahun 2014 lalu dan juga penurunan – 3,1% dari 2017 hingga 2018 lalu. jika kalian melihat dari nilai perspektif kontinentalnya, maka 35,1 % ekspornya dikirim ke Asia. 31,8% di impor ke Amerika Latin, 15,2% mengirim ke Eropa, 9,9% ke Amerika Utara dan terakhir Afrika juga menerima sekitar 5,1%.

Mengingat mengenai jumlah penduduk yang hanya terdirei dari 3,4 jt jiwa, total ekspor di tahun 2018 sebesar US$7,6 dimana $2.300 untuk setiap penduduk di negara Amerika Latin. Dan sudah bisa dipastikan dengan bbegitu nilai produk domestik brutonya dalam keadaan stabil.

Kategori Ekspor Dari Uruguay

Presentase dari setiap kategori ekspor ini mewakili hasil keseluruh ekspor oleh uruguay. dimana dari 10 komoditas menyumbang sekitar 76,2% dari total pengiriman globalnya. Hewan yang mudah untuk di sekpor dan hidup ialah Sapi. Lalu disusul dengan wol Uuguay, dilanjutkan dengan plastik dan partikel lain yang terbuat dari plastik juga meningkat dalam ekspornya tersebut. namun, sempat mengalami penurunan pada komoditas biji minyak daru tahun ke tahunnya.

Jika kalian bisa lihat dari tingkatan sistem ekspor yang dimiliki Uruguay maka Daging pada Sapi beku menjadi salalh satu produk unggulan Uurguay yang paling berharga. Kemudian disusul dengan Kayu kasr, Kacang kedelai, susu & krim pekat atau manis, nasi, sapi segar, sapi perah hidup, dan terakhir adalah Malt.

Akses Dalam Pengiriman Komoditas Ekspor Impor

Dalam pengiriman, Uurguay sendiri memiliki beberapa pelabuhan yang menjadi salah satu akses dalam pengiriman barang ekspor impornya ke seluruh dunia. Pelabuhan mana sajakah yang ada di Uruguay ? yuk cek di bawah ini.

  • Pelabuhan Montevideo : dimana pelabuhan ini terletak di bagian utara kota tua Montevideo, Uruguay. yang merupakan pelabuhan utama Amerika Selatan dan memainkan besar peran dalam perekonomian Uruguay.
  • Pelabuhan Colonia Del Sacremento : ini menjadi salah satu pelabuhan sangat kecil disana. Kurang lebih 177km dari Montevideo. Ini menjadi salah satu pelabuhan utama juga di dalam hal transportasi penumpang dan juga kendaraan yang langsung terhubung dengan layanan harian di kota-kota Colonia dan juga Buenos Aires.
  • Pelabuhan Fray Bentos : dimana pelabuhan ini memiliki letak geografis yang sangat istimewa sehingga aksesibilitas jalan di daerah tersebut meningkat. Akses jalannya melewati rute 2 selatan, langsung terhubung ke rute 24 dan juga akan melalui ke rute 20 dan 25 yang merupakan tulang punggung dari lalu lintasnya industri kayu di Uruguay sana.

Pelabuhan ini sendiri berada di dekat jembatan Internasional Fray Bentos, Puerto Unzue. Yaitu hubungan terpendek diantara Montevideo dan juga Buenos Aires. Selain daripada itu, pelabuhan ini juga terintegrasi dengan daerah pertanian dan peternakan dengan wilayah subur nan fleksibel. Yang memuat kapasitas sekitar 500t/jam dan kapasitas bongkarnya 120t/jam.

Selain itu masih ada pelabuhan lainnya yang berada di Uruguay. Dalam lain kesempatan kita akan coba bahas kembali mengenai negara ruguay ini ya guys.