Kenali Muslim Beribadah Di Uruguay

Kenali Muslim Beribadah Di Uruguay

Tahukah kalian negara Uruguay ini terletak di benua mana ? Uruguay sendiri masuk kedalam salah satu Negara yang berada di ruang lingkup benua Amerika tepanya di bagian Selatan atau bias disebut Amerika latin. Negara Uruguay ini sendiri merupakan salah satu negara terkceil setelah Suriname, dikarenakan penduduknya hanya 3,3 juta jiwa dan luas negaranya hanya 176 ribu kilometer persegi saja. Uruguay ini sendiri juga dikenal sebagai negara yang sangat suka sekali dengan sepak bola.

Negara Uruguay sendiri merupakan negara yang memiliki keberagaman suku, ras dan juga agama. Nah, menariknya lagi dari 3,3 jt jiwa yang tinggal disana. Ada komunitas kecil umat islam yang memang sudah eksis disana sejak lama. Komunitas ini terdiri dari penduduk asli dan juga penduduk pendatang. Jika kalian penasaran dengan tempat-tempat mana saja yang bisa kalian kunjungi saat datang ke negara tersebut, mari cek selengkapnya di bawah ini.

Agama Yang Ada Di Uruguay

Jika kalian mensearch mengenai agama Uruguay, maka akan muncul berbagai macam presentase agama yang bisa dileuarkan dari negara tersebut. menurut data dari wikipedia bahwa negara Uruguay ini 88% nya merupakan keturunan dari Eropa dan juga menjadi negara yang tidak ingin menetapkan satu agama pun di negara tersebut. mereka yang tinggal disana diberikan kebebasan untuk menjalankan agamanya sendiri-sendiri. Sebagai gambaran kita akan berikan sedikit presentase agama yang dianut di negara Uruguay itu sendiri.

Presentase agama yang dianut di Uruguay

  • Tahun 2008 Khatolik memiliki presentase 45,7%.
  • Yang tidak memiliki agama 30.1%.
  • Menganut tentang paham Atheist/Agnostic 14%.
  • Kristen selain Khatolik 9%.
  • Penganut pada Animisme 0,6%.
  • Yahudi 0,4%.
  • Dan untuk islam sendiri tidak termasuk sebenarnya, namun jika dirata-ratakan hanya 0,2% saja.

Pusatnya Orang Islam Bisa Berkumpul

Sudah terlihat bahwa 0,2% lah orang-orang yang menganut agama islam ini. berarti bisa secara kasat mata kalian lihat bahwa masjid yang ada di negara tersebut jarang bahkan sulit sekali untuk kalian temukan. Maka dari itu, beberapa muslim yang ada disana membuat suatu komunitas atau tempat sebagai kumpulnya orang muslim di negara tersebut.

  • Islamic Center Of Uruguay

Dimana tempat ini bisa kalian temui di Soriano 1356 esq ejido, Canelones, Montevideo Uruguay. dimana untuk pusat ini pertama kali didirikan oleh seorang pebisnis muslim asal Syria yang memiliki nama Ali Khalil Ahmad. Dimana ia juga memiliki bisnis ekspor daging halal ke negara islam lainnya. dari bisnisnya itulah Ali mendirikan Islamic Center Of Uruguay dengan menggunakan kantornya sebagai pusat keislaman disana.

 

  • Egypton Culture Islamic Center

Dimana tempat ini berdiri tahun 2008 bulan April tanggal 25 lalu. Yang menajdikan tempat ini sebagai masjid pertama di Montevideo, Uruguay. pusat dari berdirinya tempat ini pun sangat didukung oleh kedutaan besar Mesir di Uruguay. alamatnya berada di Baltasar Vargas 1178, Montevideo, Uruguay.

 

  • Centro Islamico Del Uruguay

Memiliki alamat Roosvelt 618- Piso 3 Dto. 7 Las Pedras Canelones, Uruguay. disana tempat ini sendiri lebih dikenal sebagai salah satu lembaga atau masjid bernama Masjid Ar-Rahman. Dimana untuk masjid ini menyediakan ruangan untuk para jamaah wanita sholat di sana.

 

  • Fraternidad Islamica Del Uruguay

dimana tempat ini merupakan tempat dari sekelompok muslim yang menunjukan eksistensinya didunia maya dengan membuat salah satu blog yang kini beredar luas di jejaring internet. Namun, untuk lokasinya sendiri tidak diketahui di wilayah mana. Paslnya didalam blog yang ada pada komunitas ini, tidak diberikan penjelasan mengenai alamat yang jelasnya. Didalam komunitas ini juga terdapat pembina yang bernama Ustad Omar Muhammad Ali Sanawbari.

Pusat-pusat inilah yang menjadi tempat berkumpulnya kaum minoritas islam yang ada di negara Uruguay tersebut. dimana disana juga terdapat banyak sekali imigran yang hadir hanya nuntuk bersilaturahmi dengan warga muslim lainnya yang dimana merupakan warga asli dari negara tersebut. sejauh dari kabar yang sudah beredar lama ini, mengenai muslim yang ada di Indonesia atau juga pemerintahan Indonesia memiliki keterkaitan dengan muslim yang ad di negara Uruguay.