Anjing Peking Lucu Beserta Asal Usul Namanya

Anjing Peking Lucu Beserta Asal Usul Namanya

Anjing Peking atau kerap disebut sebagai Pekingese merupakan anjing yang berasal dari China. Dahulu, dipersembahkan oleh seseorang dari Inggris untuk kekaisaran China yang bertempatan di Peking. Sejak saat itu, anjing ini banyak tumbuh dan dikembangbiakkan di dataran China, bahkan sampai saat ini telah meluas sampai ke Eropa dan berbagai negara di dunia. Negara di kawasan Eropa yang ditemukan banyak mengembangbiakkan anjing peking ialah Inggris, sehingga saat ini kualitas peking terbaik selain berasal dari China juga banyak dari Inggris. Anjing peking mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1970an, namun sampai saat ini belum ada seseorang yang berani mengembangbiakkan guna meningkatkan kualitasnya melalui perkawinan silang. Sehingga mayoritas orang Indonesia hanya mengambil dari kolektor dan pemelihara pekingese dari Inggris atau China.

Beratnya hanya sekitar 2-8 kg, namun bulu-bulu tebal dan panjang mengurai yang menutupinya membuat tubuhnya seakan gemuk. Bulunya hampir menyerupai bulu domba, akan tetapi lurus dan terdiri dari dua lapis. Sedangkan pada bagian wajahnya terdapat bulu tebal yang menyerupai topeng pada barongsai disertai dua bola mata yang bulat berwarna hitam pekat. Oleh sebab itu, anjing ini juga kerap disebut sebagai barongsai dari China. Biasanya banyak dijumpai dalam warna putih mulus, cokelat dan patikolor atau gabungan beberapa warna seperti hitam dan putih.

Di samping itu, anjing peking ini termasuk ke dalam anjing yang lucu dan konyol atau kerap disebut sebagai toy grup (kelompok anjing mainan) seperti jenis anjing Mini Goldendoodle yang bisa banyak Anda ketahui melalui minigoldendoodles.org sedangkan beberapa alasan mengapa anjing peking bisa bertingkah laku konyol dan lucu adalah sebagai berikut:

  1. Gerakannya banyak dipengaruhi oleh anatomi tubuh
  2. Bentuk kaki yang terlalu pendek untuk menopang bulu-bulu tubuhnya yang panjang dan lebat
  3. Bentung dada yang bidang serta agak melengkung ke bawah

Itulah sedikit informasi mengenai anjing peking disertai sejarah singkat penamaannya menjadi Peking atau Pekingese yang banyak dikenal masyarakat sampai saat ini.

Gerakan Pekingese banyak dipengaruhi oleh anatomi tubuhnya. Kakinya tampak terlalu pendek untuk menopang badannya yang penuh dengan bulu itu. Belum lagi bentuk dadanya yang bidang dan melengkung ke bawah. Semua itu mengakibatkan gerakannya menjadi lucu dan menggemaskan.